Tuesday 8 September 2015

KUNJUNGI 5 TEMPAT EKSOTIS DI KALIMANTAN TIMUR

                                                                                      (Sumber foto: M. Reza Faisal/Flickr)


Apakah anda berpikir bahwa Kalimantan timur tidak memiliki tempat wisata yang exotis? Salah! Masih banyak keelokan lain di daratan timur Borneo ini yang bisa bikin kamu berdecak kagum. Meski beberapa di antaranya memiliki akses yang tidak mudah dilalui dan memakan waktu, namun beberapa objek wisata ini punya pesona eksotis yang belum tentu bisa kamu dapat di daerah lain.


Berenang di danau ‘dua rasa’ yang jernih dan tersembunyi, uji nyali di jembatan gantung tepat di atas hutan tropis, hingga mengenal lebih dekat satwa langka di dunia, bisa kamu temukan di provinsi yang memiliki kerajaan tertua di Indonesia ini! Mau bukti? setidaknya ada lima destinasi di Kalimantan Timur yang wajib anda dikunjungi bagi anda yang penggila traveling.


1. Pulau Beras Basah, pulau ini dikelilingi pasir putih yang begitu indah
    (Sumber foto: anekatempatwisata)

Disana berdiri tegar Mercusuar tinggi di pulau kecil yang dihiasi pohon kelapa dan pasir putih, dikelilingi oleh birunya laut dan langit. Inilah yang membuat Pulau Beras Basah menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar, khususnya pada hari libur. Kamu juga jangan mau kalah, sempatkan mampir kemari, karena kamu bisa bermain water sport seperti banana boat atau ber-snorkeling ria mengintip warna-warni bintang laut di sekitar pulau.


Salah satu titik menyelam favorit bagi kamu yang ingin mencoba diving atau sekadar snorkeling adalah geladi, alias gelembung abadi. Di sini, kamu bisa melihat gelembung-gelembung yang muncul dari dasar laut dan keluar ke permukaan. Hmm… Menarik bukan?

Surga berpasir putih ini bisa kamu kunjungi dengan menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Tanjung Laut Indah atau lewat Pelabuhan Bontang Kuala, yang dapat dijangkau dalam waktu kurang dari 30 menit dari Bontang.

2. Danau Labuan Cermin, Perpaduan air tawar dan air laut dan air yang begitu jernih.

 
 

 

Kata yang pertama kali terucap adalah Luarbiasa! ketika melihat Danau Labuan Cermin. Bagaimana tidak? Surga tersembunyi yang tersimpan di Desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau ini, punya rahasia alam yang mempesona.

Yang lebih uniknya, Danau Labuan Cermin lahir dari perpaduan air tawar dan air laut. Bukan hanya berisi air berwarna biru yang tenang, kombinasi di atas juga menciptakan lapisan tipis yang menyerupai efek cermin! Tak heran, perahu yang berada di atasnya akan tampak seolah-olah melayang. Jangan lupa rasakan kesejukan yang lahir dari kombinasi air tawar dan air lautnya untuk mengobati rasa lelah akibat perjalanan jauh yang sudah ditempuh berjam-jam.
Untuk bisa menikmati keindahan Danau Labuan Cermin, kamu bisa naik pesawat dan mendarat di Bandar Udara Berau. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil sewa dari Berau ke Biduk-Biduk dengan waktu tempuh sekitar enam sampai tujuh jam. Sesampainya di Biduk-Biduk, lanjutkan perjalanan ke Desa Labuan Kelambu dan naik kapal yang tersedia dengan tarif Rp100.000 menuju danau. Meski jauh, Danau Labuan Cermin bakal memberikan momen perjalanan yang tak terlupakan sepanjang hidupmu. 

3. Desa Budaya Pampang, desa yang dihuni oleh suku dayak kenyah 

 
sumber foto (Franco Cericola/Flickr)

 
Kalimantan timur tidak hanya objek wisata alamnya, tetapi juga punya objek wisata budaya yang mampu perkaya wawasanmu akan Indonesia. Namanya Desa Budaya Pampang. Desa yang berjarak 40 kilometer dari kota Samarinda ini dihuni oleh 800 anggota suku Dayak Kenyah, salah satu suku Dayak yang melegenda karena ketangguhannya.

Setiap hari Minggu, tepatnya pukul 13.00 hingga 15.00 WITA, kamu bisa menyaksikan delapan pertunjukan seni tari khas Dayak yang dipertunjukkan di lamin, atau rumah adat dari Kalimantan Timur, seperti tari Nyelamai Sakai atau tarian menyambut tamu, tari Ajay atau tarian perang, hingga tari Enggang Terbang dan tari Berburu. Jangan heran bila tak sedikit dari mereka yang memiliki telinga panjang dan kulit yang dipenuhi tato. Hal ini sudah menjadi identitas suku Dayak serta mengandung makna religi dan sosial yang dalam.

Mau kasih cenderamata untuk orang tersayang? Jangan lupa membeli suvenir khusus yang dibuat oleh gadis Dayak Kenyah. Gelang, kalung, dompet, dan tas yang terbuat dari manik-manik dan bambu menjadi komoditas primadona bagi pelancong yang datang kemari. 

4. Bukit Bangkirai, sensai wisata hutan alam liar, khas hutan tropis kalimantan timur

 (Sumber foto: www.beritadaerah.co.id)

Jika anda berkunjung ke Kalimantan Timur belum lengkap rasanya jika belum jelajahi keelokan hutan tropis yang tersaji di Bukit Bangkirai. Hebatnya lagi, di sini kamu bisa menikmati lanskap hijau pepohonan dari atas jembatan yang tergantung 30 meter dari tanah dan menghubungkan beberapa pohon bangkirai! Bisa dibilang, jembatan gantung yang hanya mengandalkan tiang alami pohon dan besi baja untuk pengaitnya ini, bakal menguji nyalimu akan ketinggian!

Mata kita dimanjakan dengan alam yang begitu indah dari atas jembatan, pandangi hutan tropis yang hijau subur sambil mendengar kicauan burung dan jangkrik. Bila kamu beruntung, kamu bisa menemukan satwa liar, seperti tupai hutan atau owa kalempiau, sejenis kera berwarna abu-abu dan berlengan panjang, yang meloncati pohon demi pohon dengan mudahnya. Sesekali, embusan angin sepoi-sepoi bikin jembatan sedikit bergoyang, dan tentunya bikin jantungmu berdetak lebih kencang. Tapi tak usah khwatir, jembatan ini sudah diberi pelindung berupa tali yang aman untuk dilintasi.


Objek wisata hutan yang berjarak 58 kilometer dari kota Balikpapan ini juga punya fasilitas bagi keluarga dan rombongan. Mulai dari berbagai aktivitas outbound, tempat bermain anak, lahan kamping, hingga penginapan berbentuk rumah panggung bagi kamu yang ingin merasakan sensasi bermalam di hutan.



5. Taman Nasional Kutai, rumah orang utan di timur Borneo

 sumber foto (Sue Prasetio/Flickr)
 
Tahukah anda, saat ini jumlah populasi orangutan terus menurun drastis setiap tahunnya? Kebakaran, pembabatan hutan, hingga perburuan dan perdagangan orangutan untuk dijadikan hewan peliharaan, membuat hewan ini terancam punah. Untungnya, kawasan konservasi bisa menjadi pengembangbiakan kera besar yang hidup di hutan tropis ini.


Jika Kalimantan Tengah punya Taman Nasional Tanjung Puting, maka Kalimantan Timur juga punya rumah bagi orangutan, yakni Taman Nasional Kutai. Sebenarnya sih, bukan hanya orangutan, tapi masih banyak ragam flora dan fauna yang dijaga agar tidak punah. Mulai dari banteng, rusa, beruang madu, kancil, landak, tenggiling, atau jenis-jenis flora, seperti pohon ulin, meranti, bangkirai, dan pepohonan lain yang berasal dari hutan basah (nama lain hutan hujan tropis) yang ada di Kalimantan. Tak heran jika Taman Nasional Kutai menjadi kawasan yang dilindungi sebagai pusat pelestarian alam beserta biota yang hidup di dalamnya.

Di sini, kamu bisa melihat kehidupan orangutan, seperti cara makan, cara induk menjaga dan merawat anaknya, hingga cara binatang ini memanjat dari satu pohon ke pohon lainnya. Jangan lupa, abadikan momenmu bersama orangutan dengan kamera smartphone-mu sebagai kenang-kenangan.



Kalimantan Timur tak hanya punya Derawan, kan? Lima destinasi di atas bisa kamu jadikan pillihan tujuan liburan selanjutnya. Selain pantai yang indah, provinsi ini punya objek wisata alam serta budaya yang variatif. Apalagi, sekarang kamu bisa liburan ke Kalimantan Timur lebih mudah. Dengan Traveloka App, aplikasi praktis cari tiket pesawat dan hotel, kamu tak perlu repot rencanakan liburan ke lima destinasi di Kalimantan Timur ini. Tak hanya praktis, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding memesan lewat desktop, masih berpikir panjang untuk menikmati tempat wisata dengan pemandangan yang begitu exotis ? Tidak harus selalu keluar negeri jika di negeri sendiri sudah ada yang lebih bagus dan mempesona alamnya.




No comments:

Post a Comment