Thursday 22 October 2015

AIR TERJUN SRI GETHUK (YOGYAKARTA)


Kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai kawasan yang tandus dan sulit air. Hal ini dikarenakan kawasannya tersusun dari batuan gamping atau karst sehingga sulit menyimpan air. Namun dibalik semua itu tanahnya yang kering dan tandus Gunungkidul menyimpan aneka potensi wisata yang membuat banyak orang berdecak kagum ketika berkunjung ketempat yang satu ini yaitu Air Terjun Sri Gethuk
 
Air Terjun Sri Gethuk Tersembunyi di antara tebing-tebing karst, air terjun yang berasal dari mata air yang tak pernah kering ini mengalir dengan indah. Gemericik airnya lantas mengalir menuju Sungai Oya yang tampak mengular membelah tanah tandus Gunungkidul.

Air Terjun Sri Gethuk mulai dipromosikan sebagai salah satu wisata alternatif Gunungkidul selain pantai atau wisata lainnya pada tahun 2010. Sejak saat itu, pesona tempat ini semakin melejit di kalangan wisatawan. Sri Gethuk memang mempesona. Air terjun ini terletak di tepi Kali Oya, sehingga wisatawan yang ingin mengunjunginya harus naik perahu tradisional yang disediakan pengelola.
 
Perjalanan menyusuri Sungai Oya sendiri sudah sangat menarik. Sepintas pemandangannya mirip di Green Canyon Jawa Barat, dimana sungai yang mengalir jernih diapit oleh tebing-tebing karst yang tinggi. Sesampainya di kaki air terjun wisatawan akan disambut dengan tumpukan batuan alami yang begitu indah dan alami.


 

Waktu Kunjungan Terbaik

Agar anda tidak kecewa hendaknya anda memilih Waktu terbaik untuk melakukan kunjungan ke Air Terjun Sri Gethuk adalah saat musim kemarau, sebab air sungai terlihat jernih dan indah. Jika ingin melihat pelangi, wisatawan disarankan datang selepas pukul 12 siang saat matahari sudah mulai bergeser ke arah barat. Supaya bisa menikmati keindahan Sri Gethuk secara maksimal, datanglah saat weekday dan bukan saat liburan. Selain bermain di air terjun, wisatawan yang berkunjung ke Sri Gethuk juga bisa melakukan beragam aktivitas seperti river tubing, cliff jumping, atau canyoning.

Lokasi dan Akses Sri Gethuk

Air Terjun Srigethuk terletak di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY. Lokasinya tidak terlalu jauh dari salah satu obyek wisata alam nan bersejarah, Gua Rancang Kecono. Akses menuju tempat ini terbilang mudah sebab sudah ada petunjuk arah hingga Desa Bleberan.

Tiket Masuk Sri Gethuk

Untuk menikmati keindahan alam Air Terjun Sri Gethuk wisatawan wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 / orang. Tiket tersebut sudah termasuk tiket terusan mengunjungi Gua Rancang Kencono. Sedangkan tarif naik kapal menyusuri Sungai Oya sebesar Rp 10.000 per orang.

Selamat Berkunjung di YOGYAKARTA ... :)
 

No comments:

Post a Comment