Thursday 21 January 2016

Bercermin di Situ Biru Cilembang Sumedang


Kamu Bisa Bercermin di Situ Biru Cilembang Sumedang

07 Jan 2016, by Reservasi.com Kategori: Adventure, Danau, Kota Bandung

Satu lagi tempat wisata yang sedang hits dari sosial media. Banyak nitzen yang menamakan tempat ini dengan berbagai nama diantarnya Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang hingga ada  juga yang menyebutnya dengan Labuan Cermin Cilembang Sumedang. Tempat tersembunyi di Kabupaten Sumedang ini berlokasi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat.
Sekilas jika dilihat, sumber mata air Cilembang ini memang mirip dengan Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Hanya saja di Situ Cilembang ini kalian tidak diperbolehkan untuk berenang. Pasalnya air Situ Cilembang ini masih dijadikan sumber kebutuhan air minum dan kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar.

Wisata Baru di Sumedang Yang Hits Melalui Sosial Media 

 


Kedalaman Situ Biru Cilembang ini diperkirakan sekitar tiga meter. Situ Biru Cilembang mulai hits di sosial media seperti Instagram, Facebook hingga Twitter. Entah siapa yang pertama kali memperkenalnya melalui media sosial. Namun sejak hits itulah banyak wistawan yang mulai berdatangan ke Situ Biru Cilembang.
Tak berbeda jauh dengan Tebing Keraton Bandung yang mulai dikenal melalui sosial media. Situ Biru Cilembang kini dikelola oleh pemuda Karang Taruna setepat. Tidak ada tarif masuk, namun kalian akan dikenai biaya parkir Rp. 2000 per-kendaraaan.


Sebaiknya Tidak Datang Hari Selasa dan Jumat Sebagai “Poe Larangan” (Hari Terlarang)

Menurut pemuda setempat bahwa ada pantangan hari yang harus dipatuhi oleh wistawan. Situ Biru Cilembang ini tidak boleh dikunjungi khusus pada hari Selasa dan hari Jumat. Jadi sebaiknya kalian datang kesana selain kedua hari tersebut. Saat ini memang belum terlalu banyak pengunjung, namun pasti kedepan Situ Biru Cilembang ini pasti akan dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai penjuru daerah. Saat ini hanya dari Bandung saja yang paling banyak mengunjungi Situ Biru Cilembang ini.

Air dari Situ Biru Cilembang ini tidak benar-benar berwarna biru. Warna birunya hanya pantulan warna langit saja karena airnya jernih sehingga seolah-olah seperti cermin. Menurut warga ada beberapa ikan yang terlihat muncul di Situ Biru Cilembang, diantaranya seperti ikan Nilem, Wader atau ikan Lunjar Padi, sengol hingga terkadang muncul juga kura-kura air tawar. Mudah-mudahan tidak ada buaya air tawar ya.


Perhatikan Jalan, Hati-Hati Saat Melangkah di Jalan Terjal

Karena berada ditempat yang terpencil dan akses jalan yang sulit, kalian harus berjalan kaki setelah memarkirkan kendaraan. Kira-kira sekitar 200 meter saja dari tempat parkir. Hanya saja kalian harus berhati-hati untuk menuju Situ Biru Cilembang. Karena jalan menuju Situ iru Cilembang berbatu, dan terjal.
Karena berlokasi di hutan alami, hawa dan udara di sekitar Situ Biru Cilembang sangat sejuk sekali. Keindahan alam Situ Biru Cilembang memang sangat pas dengan kesejukan udara sekitar. Rasanya benar-benar segar dan membuat penat langsung hilang.

Sejuknya Udara di Situ Biru Cilembang

Kalian tidak perlu khawatir kelaparan karena banyak pedagang asongan dadakan yang berjualan di area parkir Situ Biru Cilembang. Padahal dulunya tempat ini adalah tempat yang terkesan sangat angker. Oh ya, kalau bisa kalian tidak berlama-lama dan tidak terlalu sore berada di Situ Biru Cilembang ya. Pasalnya selain belum ada penerangan yang memadai, suasana hutannya juga masih sangat mencekam. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kalian datang ke Situ Biru Ciembang saat pagi, siang hari dan menjelang sore.
Saat hujan, jalanan menuju Situ Biru Cilembang akan sangat licin juga berbahaya karena curam. Masih banyak batu kerikil tajam dan licin bila terkena air hujan. Otomatis kalian harus lebih ekstra hati-hati saat hujan mengguyur. Sebaiknya sih ditunda saja dulu ketika sedang musim hujan. Lagi pula kalian tidak akan bebas berselfie ria di Situ Biru Cilembang.




No comments:

Post a Comment